Monday, September 29, 2014

Memisahkan email masuk kedalam Inbox terpisah untuk masing-masing email account

Tulisan ini ditujukan untuk mereka yang mempunyai email account lebih dari satu dan ingin menggunakan Microsoft Outlook untuk mengakses email tersebut. Permasalahan yang biasa dihadapi ketika kita seseorang memasukan lebih dari email account kedalam satu outlook adalah bercampurnya email tersebut dalam satu inbox / Personal Folders. Hal ini sering membuat bingung pengguna email dan ingin memisahkan email tersebut ke tempat berbeda, baik dalam bentuk folder atau inbox lain agar mudah dalam memeriksa email.


Microsoft Outlook khususnya versi Microsoft Outlook 2007 ke atas sudah menyediakan solusi untuk memisahkan email kedalam folder lain atau inbox lain sesuai dengan email account yang digunakan. Saya akan membagi tips memisahkan email ini untuk dua pengguna berbeda yaitu pengguna yang baru akan melakukan setting email di outlook dan yang  sudah terlanjur memiliki inbox yang tercampur dari beberapa account email

Untuk Pengguna Outlook yang akan memasukan beberapa email account:

  1. Setting email account, saya asumsikan pembaca sudah bisa melakukan setting email account
  2. Pilih email account yang akan dipisahkan dan klik "Change Folder" di bagian bawah menu.
  3. Akan muncul menu seperti di atas dan pilih “New Outlook Data File”, lalu buat Personal Folder baru di tempat baru, saya sarankan buatlah Personal Folder di drive selain C:\ untuk menghindari hilang email jika terjadi crash windows yang mengharuskan windows diformat.
  4. Gantilah nama Personal Folder pada space yang disorot pada gambar diatas untuk pembeda antara account yang satu dengan yang lain. Misal Gmail atau Yahoo.
  5. Pilih Ok, sampai tahap ini email account sudah memiliki Personal Folder sendiri sesuai email account masing-masing. Hasilnya bisa dilihat dari keterangan di sebelah tombol “Change Folder” di bagian bawah menu, seperti di bawah ini:
  6. Untuk membuang Personal Folder yang tidak kita perlukan, kita bisa klik tab “Data Files” yang akan menampilkan daftar Personal Folder yang ada pada Outlook dan tinggal pilih Personal Folder yang dimaksud lalu klik “X Remove”. Proses ini tidak akan menghapus file Personal Folder di tempat asalnya, hanya menghilangkan dari tampilan Outlook.
  7. Lakukan proses 1 sampai 5 untuk email account yang lain
Untuk Pengguna yang sudah terlanjur mencampurkan emailnya dalam satu inbox akan dibahas dalam posting berikutnya.

Semoga bermanfaat :), saran dan koreksi sangat diharapkan, Terima Kasih

0 comments :

Post a Comment

Web Hosting