Tuesday, September 30, 2014

Memisahkan email dari Inbox ke Folder atau Inbox lain Sesuai Email Account

Pada posting sebelumnya saya sudah membahas bagaimana memisahkan email yang masuk sesuai dengan email account masing-masing kedalam Personal Folder berbeda atau inbox berbeda. Kali ini saya akan membahas bagaimana memisahkan email yang ditujukan ke beberapa email account yang sudah terlanjur tercampur dalam satu inbox ke dalam folder lain atau personal folder lain yang sudah dibuat sesuai posting saya sebelumnya, jika belum ada baca link diatas.

Untuk memisahkan email ke dalam folder lain atau Personal Folder lain itu kita akan menggunakan feature "Rules and Alert" bawaan Microsoft Outlook. Untuk bisa menggunakan feature ini dibutuhkan beberapa parameter yang akan digunakan sebagai filter untuk membedakan email mana yang akan dialihkan ke folder lain. Dalam kasus kali ini kita akan memisahkan email dalam inbox sesuai dengan email account. Anggap saja saya memiliki dua account email yaitu yusman@yahoo.co.id dan yusman@gmail.co.id. Saya akan memisahkan email yang ada di inbox ke dalam folder sesuai dengan email account tersebut. Langsung saja kita bahas langkah-langkahnya


  1. Buka Microsoft Outlook lalu Klik Tools, dan pilih Rules and Alerts
  2. Klik New Rule, akan muncul tampilan baru dengan beberapa opsi. Karena kita akan memisahkan email yang ditujukan ke email tertentu untuk dipisahkan ke folder tertentu, maka kita pilih Move messages sent to a distribution list to a folder.
  3. Klik people or distribution list pada bagian bawah menu tersebut, tulisan yang berwarna biru dan bergaris bawah.
  4. Akan muncul menu baru, isi bagian paling bawah disamping tulisan to -> dengan alamat email kita, misal yusman@yahoo.co.id, lalu pilih OK. Menu akan tertutup dan email kita muncul di menu bagian bawah. 
  5. Selanjutnya klik specified di bawah opsi tadi. Pilih Folder dimana email yang ditujukan ke Yusman@yahoo.co.id (email account), bisa folder dalam satu personal folder atau folder dalam personal folder lain atau inbox yang lain yang sudah dibuat.
  6. Folder yang kita pilih akan muncul dibawah alamat email kita. lalu klik next sampai pada bagian Finish rule setup (sekitar 4 kali next). Beri tanda centang pada Run this rule now on messages already in "Inbox" lalu klik Finish dan OK. 
  7. Proses filtering email akan langsung dijalankan dan email akan segera terbagi ke folder lain, sesuai kriteria yang kita set
  8. Lakukan proses diatas untuk email account yang lain
Selamat mencoba.


1 comments :

Web Hosting