Tuesday, October 21, 2014

Daftar User name dan password pada Firefox

Ada banyak aplikasi browser untuk memudahkan kita dalam berselancar di dunia internet diantara nya Internet Explorer, Chrome, FIrefox, Opera dan lain-lain. masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, saya pribadi menyukai Chrome karena memudahkan saya untuk mengakses feature lain yang disediakan Google seperti Gmail, G+, Bloger dan lain-lain. 


Bagi pengguna Firefox, tahukan anda kalau browser ini memungkinkan kita untuk melihat daftar user name dan password yang kita simpan saat mengakses suatu web yang membutuhkan akun khusus, misal email atau password untuk masuk suatu forum. 

Firefox Remember Password


Anda pasti pernah melihat tampilan gambar diatas dan mungkin pernah memilih "Remember Password" untuk memudahkan kita saat mengakses suatu portal tanpa harus mengisi password lagi. Setiap kita memilih untuk menyimpan password, maka user name dan password tersebut tersimpan di database browser dan Firefox memberikan feature untuk melihat daftar tersebut. Berikut cara melihat 
daftar user name dan password tersebut
  1. Pilih tombol Menu 
  2. Lalu pilih "Option"
  3. Akan muncul tampilan baru dan cari tab "Security"
  4. Pilih "Saved Passwod" dan password manager akan muncul






Firefox Saved Password
  • Untuk melihat password yang telah tersimpan, klik "Show Password"
  • Untuk melihat password untuk portal tertentu, klik pada Search Box
  • Untuk menghilangkan password kita dari daftar tersebut, pilih username dan pilih Remove
  • Untuk membuang seluruh daftar, klik "Remove All"
Berhati-hatilah dalam memanfaatkan feature ini dan memberikan akses kepada orang lain untuk menggunakan komputer anda karena salah-salah password kita akan "dicuri" pihak lain yang akan merugikan anda sebagai pemilik akun, terutama akun internet banking, karena meskipun daftar user name dan password atau saved password ini di enkrip oleh firefox, tetapi dengan gampang dibuka melalui komputer kita. Jika komputer anda digunakan oleh orang lain, sebaiknya jangan mengaktifkan feature ini, terutama saat di warnet jangan pernah menyimpan password kita, apapun itu broswer yang digunakan.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat. :)


0 comments :

Post a Comment

Web Hosting