Friday, March 14, 2014

Tidak Bisa download email ke Microsoft Outlook atau Outlook Express dan error The server name you entered cannot be found on the network

Baru-baru ini saya mendapat problem outlook di salah satu kantor client. Problemnya adalah semua user di kantor tersebut tidak bisa download email ke aplikasi email mereka (Microsoft Outlook / outlook express). Setiap kali mereka melakukan download email akan berakhir dengan pesan

Task ' - Receiving' reported error (0x80040900) : 'The server name you entered cannot be found on the network (it might be down temporarily). Verify that you are online and that the server name is correct.'
seolah server kita tidak ada. padahal koneksi internet lancar (dalam kasus saya ini client menggunakan jaringan speedy). Ketika dicoba akses email dari webmail, ternyata tidak ada masalah.


Pertama saya coba restart modem dan untuk beberapa saat email bisa masuk, tetapi belum sampai 5 menit email kembali bermasalah. Saya coba beberapa kali restart modem hasilnya sama, download email berhasil untuk satu dua email lalu email kembali tidak bisa download. 

Kedua saya coba untuk memutuskan koneksi jaringan ke semua komputer dan hanya memberikan koneksi untuk notebook saya dan ternyata download email lancar (saya sudah set notebook saya dengan salah satu email account client) cukup lama. Beberapa kali saya coba test kirim email, dan langsung masuk ke outlook tanpa masalah. Saya putuskan untuk mencoba satu persatu menghubungkan komputer client dengan jaringan dan menemukan ternyata ada dua komputer yang jika dihubung ke jaringan maka email akan kembali bermasalah. Tidak mau pikir panjang lagi saya format kedua komputer dan masalah selesai. 

kemungkinannya kedua komputer itu telat dimasuki malware atau spam yang membuat ip kantor tersebut dianggap ancaman dan akhirnya diblok. Kenapa jika modem speedy direstart email bisa masuk tetapi tidak lama kembali bermasalah? jawabnya karena saat modem direstart, maka IP akan berubah dan dengan IP baru tersebut server tidak menganggapnya sebagai ancaman dan download email berjalan untuk sesaat, tetapi tidak lama setelah itu spamware atau malware kembali beraksi dan IP kembali diblok server.

Berikut saya buat ringkasan dari kasus tersebut diatas:
Gejala yang timbul:
  • Email baru tidak bisa masuk jika diakses dari outlook
  • Email tidak bisa keluar jika menggunakan smtp dari hosting server, kecuali menggunakan smtp telkom, karena smtp telkom adalh terbuka bagi semua pengguna jaringan telkom tanpa ada verifikasi account
  • Internet lancar
  • Akses email dari webmail lancar
  • Akses email dari mobile phone lancar
Pengecekan
  • Gunakan perangkat (komputer, laptop, mobile phone) yang bukan dari jaringan yang sedang bermasalah. Jika perlu format salah satu komputer.
  • Lepaskan koneksi internet dari semua client (kabel maupun wifi)
  • Test koneksi dengan komputer yang fresh install tadi apakah email masih bermasalah, jika tidak maka ada mendapat problem yang sama dengan saya
  • Langkah selanjutnya test satu persatu pc client.
Semoga bermanfaat :)


PS: harap bantu klik salah satu iklan, satu klik anda adalah sangat berarti, terima kasih sebelumnya :)

0 comments :

Post a Comment

Web Hosting