Monday, May 27, 2013

Membagi partisi dengan fasilitas SHRINK pada Windows 7

terkadang karena satu dan lain hal kita ingin atau perlu membagi partisi harddisk kita pada saat windows sudah terinstall. Misal kapasitas harddisk kita 250gb dan hanya mempunyai satu partisi yaitu drive C. Kondisi seperti ini cukup riskan karena data berada satu partisi dengan system. kenapa riskan? Data itu lebih penting daripada komputer itu sendiri, bila data berada satu partisi dengan system ditakutkan data dapat terhapus tanpa sengaja jika system diinstall ulang atau diformat ulang saat system bermasalah.


Untuk membagi partisi tersebut kita tidak memerlukan aplikasi lain, cukup gunakan feature "shrink" pada windows. berikut langkah-langkah nya:

1. Klik kanan pada icon My Computer, pilih Manage lalu Disk management
2. Akan muncul daftar hardisk lengkap dengan partisi dan informasi lainnya, pilih partisi mana yang akan  dibagi menjadi partisi lain, klik kanan dan pilih "Shrink".

3. Masukan ukuran yang akan dibagi dari partisi yang ada dalam satuan Mb.
1Gb=1024Mb, 1Mb= 1024 Kb.
4. klik Shrink, maka partisi yang sudah ada akan berubah kapasitasnya, dan akan muncul logical drive baru yang masih belum terpartisi dengan kata lain kita belum bisa menggunakannya untuk menyimpan data.
5. Klik kanan dan pilih partition untuk menjadikannya partisi baru lanjutkan dengan format dan drive sudah bisa digunakan.

0 comments :

Post a Comment

Web Hosting